Header Ads

Header ADS

PERAN DAN FUNGSI MAHASISW

PERAN DAN FUNGSI MAHASISWA SEBENARNYA


Dalam setiap perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia, mahasiswa selalu mengambil peran penting di dalam persoalan bangsa ini. Jika kita melihat dalam sejarah gerakan mahasiswa pada tahun 1998 dimana pergerakan mahasiswa sangat progresif saat itu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada seperti permasalahan ekonomi,sosial,politik,dan budaya, mereka yang mencoba untuk mengubah kondisi negaranya yang pada masa itu semakin sulit karena kebijakkan-kebijakkan yang diterapkan oleh pemerintah, walaupun dihadapi dengan kondisi tersebut para mahasiswa tetap konsisten untuk melakukan sebuah perubahan meskipun mereka dikekang dari beberapa hal, seperti berserikat dan berkumpul, mengkritisi kebijakkan pemerintahan dan juga berdemokrasi. Hal tersebut juga tidak terlepas dari kebijakkan yang telah ditetapkan pada tahun 1974 yaitu NKK/BKK ( Normalisasi kehidupan kampus/Badan kooordinasi kampus ).
NKK/BKK (Normalisasi kehidupan kampus / Badan koordinasi kampus ) adalah dampak besar  dari keputusan pemerintah untuk menerapkan system kredit semester (sks) agar mahasiswa lebih fokus pada kegiatan akademik dan tidak memikirkan bagaimana peran dan fungsi mahasiswa yang sebenarnya dan mahasiswa tidak memahami apa itu Tri Darma Perguruan Tinggi. Jika kita pahami mahasiswa saat ini hanya orang yang belajar diperguruan tinggi dan setelah lulus mereka selalu menginginkan bekerja di perusahaan bonafit atau perkantoran sebagai pegawai negeri tetapi mahasiswa tidak mengerti bahkan tidak tahu apa Tri Dharma perguruan tinggi itu dan perannya sebagai agent of change dan social of control dimasyarakat??
Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, penelitian, dan yang terpenting bahkan yang dilupakan oleh mahasiswa saat ini ialah “pengabdian kepada masyarakat”. Pertama pendidikan ini sangat penting apalagi bagi kita sebagai mahasiswa,kita harus mendapat kan ilmu dari pendidikan kita saat ini karena mahasiswa merupakan siswa yang tinggkatannya lebih tinggi daripada siswa yang lainnya berati mahasiswa mempunyai wawasan yang lebih luas. tapi apa hanya dengan pendidikan saja cukup ? kita juga perlu melakukan penelitian atas pendidikan yang telah kita dapatkan,sebagai manusia seharusnya kita tidak memiliki rasa puas dengan apa yang kita dapat,karena itu kita harus melakukan penelitian apakah ilmu yang kita dapatkan itu sudah benar atau mungkin ada kesalahan dari pembelajarannya,karena dosen atau pengajar juga hanya manusia biasa yang tidak selamanya selalu benar,nah disitulah pentingnya penelitian sebagai alat pengujian setelah mendapatkan pendidikan dan melakukan penelitian kita harus bisa mengembangkan ilmu yang sudah kita dapatkan agar bisa terjun langsung kedalam lingkup masyarakat sekaligus memberi penjelasan kepada mereka menyampaikan apa yang telah kita dapatkan,bukan hanya menyimpan ilmu yang kita dapat untuk diri kita sendiri. Apalagi kita sebagai social of control yang harus peka dengan lingkungan sekitarnya serta mampu membuat perubahan dimasyarakat.
Maka dari itu kita sebagai mahasiswa yang sudah paham mengenai peran dan fungsi seharusnya bisa menjalakan peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa yang sengguhnya, menjadi mahasiswa yang dapat berpikir ilmiah, mampu mengkritisi lingkungan sekitarnya serta dapat berkontribusi dalam setiap perubahan yang terjadi di bangsa ini.

HIDUP MAHASISWA
HIDUP MAHASISWA
HIDUP RAKYAT INDONESIA


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.